Selasa, Oktober 11, 2011

boii melemah, lagi...

gejala yang selama ini aku rasakan "biasa" ternyata memaksa untuk lebih diperhatikan. tepat tengah malam aku menyambangi instalasi gawat darurat malam itu. tanpa rasa sakit atau luka yang terlihat, tidak juga demam seperti tahun sebelumnya. hanya berniat check up, apa yang salah dengan tubuhku.
memang dua bulan terakhir kram perut kerap kurasakan. rasa nyeri hebat yang biasanya singgah selama beberapa menit lalu hilang dan kembali lagi kini lebih sering menyerang. rasanya sama seperti saat menahan lapar dan hanya diisi secangkir kopi hangat dan berbatang rokok menthol. tak pernah aku pikirkan secara serius, tapi kali ini sakitnya mulai kurang ajar.
tiba di IGD, cuap-cuap dengan perawat yang gak ganteng tapi ga begitu jelek juga dan akhirnya.."cek lab ya...ambil sample darah dan urine". aku terbelalak, tubuhku mungkin memang kuat menantang badai kehidupan dan tahan pada ombak sakit hati tapi tidak pada jarum suntik. rasanya ingin kabur, tapi harga diri dan gengsi lebih penting. tak berdaya mengikuti perintah si perawat, menyodorkan tangan kanan lalu dibebat dan....ccuusss...jarum itu menusuk menyedot darahku lalu berganti tabung dan memasukkan cairan obat (entah obat apa)...
empat puluh lima menit aku menunggu, setengah lelah dan ngantuk gara2 obat pastinya (aku tak pernah merasa mengantuk walau sudah lewat tengah malam). hasil lab sebenarnya sama sekali gak aku negrti, dokter menjelaskan..."hemoglobin kamu rendah, hematokritnya juga. di urine kamu ada darahnya positif 2. kecurigaan mengarah pada usus buntu kronis atau bisa jadi batu ginjal. baiknya kamu coba tes USG, biar lebih keliatan..." jdaaakk..duuuaarr!!...serasa ada petir diatas kepalaku. aku pulang tanpa menebus obat. tak pernah terpikir..."usus buntu kronis???...ko bisa??...batu ginjal???..perasaan aku masih minum air, bukan semen". memang belum terbukti, tapi cukup membuatku begidik...hah...
sudah lewat dua hari, tapi belum juga aku cek USG...belum cukup keberanian untuk menerima kenyataan. bukan penyakit yang parah (mungkin), tapi setidaknya...aku anti dengan hal-hal yang berhubungan dengan dokter....aahh..entahlah...hingga tulisan ini dibuat pun aku masih belum cukup berani untuk menerima kenyataan.
tiba-tiba godeg cerita.."boii, dulu temen godeg sakit. disuruh USG tapi dia ga periksa-periksa sampe akhirnya meninggal karna ternyata kanker hati. sekarang atau nanti kamu tetep tau kenyataannya. apa hasilnya dari nunda??"...aahh siiaaall!!..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar